Thursday, June 26, 2008

Celah bibir dan celah langit-langit

Apa itu celah bibir (cleft lip) dan celah langit-langit (cleft palate)?
Diterjemahkan dari artikel Dale Ducworth, M.C.D., CCC-SLP

Celah bibir dan celah langit-langit terjadi bila bibir atau langit-langit mulut pada bayi tidak menyatu bersama, sehingga terjadi belahan pada langit-langit mulut (cleft palate) atau/dan terjadi belahan pada bibir atas atau sumbing (cleft lip). Kondisi ini terjadi di fase awal kehamilan pada trimester pertama dan bisa terjadi pada 1 sisi saja (unilateral) atau pada dua sisi (bilateral cleft lip/palate).

Apa yang menyebabkan celah bibir dan langit-langit?
Celah bibir dan langit-langit adalah cacat lahir keempat terbanyak di Amerika. Lebih dari 5000 bayi terlahir setiap tahunnya dengan celah bibir dan/atau celah langit-langit. Kombinasi dari genetik dan faktor lingkungan dipercaya sebagai penyebab dari cacat lahir ini, dan bisa muncul sebagai akibat dari suatu sindrome atau bisa muncul sendiri tanpa adanya kelainan-kelainan yang lain.

Hambatan apa saja yang bisa timbul dari celah bibir/langit-langit?
Hambatan-hambatan yang berhubungan dengan celah bibir/langit-langit tergantung pada letak dan keparahan dari belahan. Biasanya, permasalahan yang langsung terjadi adalah pada proses menyusui/memberi makan karena bayi tidak mampu menghisap. Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi, hal-hal lain mungkin juga muncul seperti misalnya infeksi telinga, perkembangan bicara yang terlambat, dan masalah gigi/tulang.

Apa perlakuan perbaikan untuk celah bibir/langit-langit?
Perlakuan perbaikan untuk celah bibir dan langit-langit biasanya dimulai pada usia yang sangat muda dan berlanjut selama anak tumbuh dan berkembang. Idealnya, suatu tim yang terdiri dari berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti dokter bedah plastik rekonstruksi, dokter gigi/tulang, dan terapis wicara akan bekerja bersama untuk memutuskan terapi yang terbaik dan dengan hati-hati memonitor perbaikan anak dari waktu ke waktu. Pembedahan dari celah bibir/sumbing bisa dilakukan kapan saja dari saat bayi berusia beberapa hari sampai beberapa bulan. Pembedahan celah langit-langit biasa dilakukan pada usia yang lebih banyak, mulai dari usia beberapa bulan ke beberapa tahun. Sering kali, anak dengan celah langit-langit membutuhkan perhatian yang detail dari dokter gigi/tulang untuk melihat pertumbuhan dan perkembangan gigi, wajah, dan rahang. Sejalan pertumbuhan anak, terapis wicara sangat dibutuhkan untuk membantu anak membuat suara-suara/kata-kata dengan benar.

Apa prognosis jangka panjangnya?
Orang tua dari anak dengan celah bibir/langit-langit biasanya punya banyak kekuatiran mengenai penampilan fisik si anak, sebagaimana juga dengan perkembangan bicara, sosial, emosional, dan akademik. Kabar baiknya adalah kebanyakan hasil pembedahan untuk langit-langit dan bibir/sumbing hasilnya tidak kentara bekasnya. Selain itu, dengan perawatan dan intervensi yang benar, anak dengan celah bibir dan/atau langit-langit bisa berkembang dengan normal pada setiap aspek kehidupannya.

Di mana saya bisa mendapat informasi lain?
Ada banyak web sites yang menyediakan informasi yang berguna dan bisa membantu orang tua untuk mencari perawatan yang terbaik bagi anak:

Cleft Palate Foundation - http://www.cleftline.org
Wide Smiles: Cleft Lip and Palate Resource - http://www.widesmiles.org
Smiles - http://www.cleft.org
American Society of Plastic Surgeons - http://www.plasticsurgery.org
Kids Health for Parents - http://www.kidshealth.org


______________________________________________________
Website : www.angelswing.or.id Telp. 021-54350166, 0818-08642642.
Angel's Wing melayani
Terapi Okupasi, Sensory Integration SI, Behavior, Physiotherapy, Orthopedagog (Kesulitan belajar khusus), Layanan Psikologi Umum (Test IQ, Minat Bakat, dll), dan Terapi Wicara (speech delay, post operasi celah bibir dan langit-langit/cleft, cadel, gagap).


No comments: